Ulasan: Bincang Sore “Lebih Dekat dengan Bunuh Diri”

Pada Minggu sore, 4 Maret 2018, Taman Baca Kesiman menyelenggarakan Bincang Sore membahas maraknya pemberitaan tentang kasus bunuh diri. Meski depresi merupakan penyebab terbesar dari fenomena tersebut, ada banyak faktor lain yang menyumbang besarnya angka bunuh diri.

Beragam kondisi tersebut dipengaruhi antara lain oleh faktor kesehatan, faktor lingkungan, kondisi sosial, dan ekonomi. Proses edukasi menjadi sangat penting sebagai langkah pertama dalam mencegah berulangnya kasus tersebut. Akses kesehatan yang mudah dan terjangkau menjadi penting sebagai langkah pencegahan. Karena pada akhirnya pemahaman dan kepedulian, selain juga kemudahan dalam akses kesehatan menjadi kunci guna meminimalisir kasus bunuh diri.

Banyak terima kasih kami ucapkan, tak hanya kepada para narasumber, Yessi Crosita, Angga Wijaya, dan I Wayan Willyana Pan Galang tapi juga kepada kawan-kawan yang hadir dalam bincang sore tadi. Semoga bincang kali ini membuka ruang dialog dan pembelajaran kita kedepannya. Sampai jumpa pada program Taman Baca Kesiman selanjutnya!

dokumentasi: Hadhi Kusuma

Selengkapnya: Dokumenatsi Bincang Sore “Lebih Dekat dengan Bunuh Diri”

Lainnya