Agenda Kegiatan

Rekomendasi Buku: Penghancuran Buku dari Masa ke Masa

Lokasi: Taman Baca Kesiman
Alamat: Jl. Sedap Malam. Denpasar - Bali 80235
Tanggal:
Jam: 00:00 WITA

Penghancuran Buku dari Masa ke Masa

Buku ini ditulis oleh Fernando Baez. Ia seorang pakar buku dan perpustakaan dari Venezuela. Di buku ini ia meringkas kejadian-kejadian penghancuran buku dari masa kuno sampai masa kini, abad ke 21. Berangkat dari pertanyaan mengapa manusia menghancurkan buku, Baez mengajak kita mengenal sejarah  pada masa ketika buku pertama (disebut tablet, terbuat dari tanah) diciptakan oleh bangsa Sumeria. Yang mengejutkan, pada masa-masa awal penciptaan buku juga telah terjadi penghancurannya.

Berbagai hal melatar belakangi rusaknya buku: mulai dari bencana alam, binatang, hingga politik. Yang terakhir merupakan yang paling dahsyat skala penghancurannya, dan juga bahasan utama dalam buku ini.

Menurut Baez, buku dihancurkan bukan sebagai objek fisik, melainkan sebagai tautan ingatan. penghancuran buku tak lain ialah penghancuran ingatan manusia atau suatu masyarakat. Tak ada identitas tanpa ingatan. Jika kita tidak ingat siapa kita, maka kita takkan kenal siapa diri kita. Ketika terjadi suatu perebutan kekuasaan, tak jarang yang menang akan mencoba menghapus jejak ingatan dalam rangka membentuk identitas baru. Cara-caranya bisa berupa pembatasan, penyensoran, penjarahan hingga penghancuran itu sendiri. Yang mengejutkan, Baez menemukan bahwa penghancuran buku justru kerap dilakukan oleh kaum terdidik.

Buku ini menjadi menarik untuk mengenal sejarah panjang tentang buku dan penghancurannya. Tujuannya tidak lain untuk memahami, mengapresiasi dan kata orang: belajar dari sejarah agar hal buruk yang terjadi tidak terulang kedepannya.

Selamat Hari Buku Nasional!

Comments are closed.