Agenda Kegiatan

Bincang Sore, Asal Usul Kebudayaan bersama Geger Riyanto

Lokasi: Taman Baca Kesiman
Alamat: Jl. Sedap Malam. Denpasar - Bali 80235
Tanggal: 31 Agustus 2018
Jam: 18:00 WITA

“[…] diskursus kebudayaan Indonesia bergulir dengan prinsip-prinsip penalaran kiasan pengonotasian, pemajasan, analogi dan dalam praktiknya tak perlu bekerja sebagaimana patutnya sebuah ilmu pengetahuan ataupun etnosains. Dimensi-dimensi praksis, afektif, sensual adalah yang mengambil andil dan harus diperhatikan peneliti dari penampakannya.” – Asal Usul Kebudayaan, hal. 35

Dalam karya anyarnya ini, Asal Usul Kebudayaan, Telaah Antropologi Penalaran terhadap Advokasi Intelektual Diskursus Kebudayaan Indonesia, Geger Riyanto menelusuri kehadiran kebudayaan Indonesia, dengan membacanya sebagai penanda mengambang (floating signifier), yang mendudukan kebudayaan sebagai imperatif dari relasi sosial yang memungkinkan agensi aktif aktor-aktornya. Alih-alih mendefinisikan kebudayaan sebagai sesuatu yang beku, penelisikannya mengantar kita pada upaya-upaya menerangkan dan meneguhkan, sebuah upaya yang kadangkala berhasil, acapkali lancung, dalam menimbang ulang kebudayaan Indonesia.

Kami mengundang kawan-kawan untuk hadir dalam Bincang Sore Edisi Budaya kali ini bersama penulis buku Asal-Usul Kebudayaan, Geger Riyanto. Akan hadir pula I Gede Gita Purnama, dan Gede Kamajaya yang turut meramaikan obrolan sore kita, pada Jumat, 31 Agustus 2018, pukul 18.00 WITA di Taman Baca Kesiman, Jl. Sedap Malam No. 234, Denpasar. Jangan sampai kelewatan!

Tentang Penulis
Geger Riyanto, peneliti sosiologi, esais. Ia mengajar mata kuliah Konstruktivisme dan Filsafat Ilmu Sosial di Universitas Indonesia. Ia bergiat di Koperasi Riset Purusha. Penelitian-penelitiannya berkutat di tema kekerasan, identitas, hubungan antara kelompok, serta teori sosial. Ia kerap menyapa pembaca dengan esai-esainya di berbagai media nasional dan daring. Paling akhir, ia secara rutin mengisi rubrik Oase IndoPROGRESS.

Comments are closed.